cara membuat rest api menggunakan codeigniter atau ci

sudah sejak sebulan saya tidak mengupload tutorial, atau riview tentang crypto, faucet, dan bitcoin,  apa sih yang saya bahas kali ini? saya ingin membahas tentang codeigninter framework php, dengan materi rest_api, mengapa saya langsung bahas rest api? karna permintaan dari salah satu guru di sekolah saya untuk membuat rest api yang bersumber dari salah satu website yaitu https://belajarphp.net/membuat-rest-api-codeigniter/, jika teman teman yang membaca artikel ini ingin langsung menuju website refrensi saya ya monggo jika ingin melihat dari artikel saya yang sudah saya ubah sedikit dan saya perbaiki, dari segi error dan lainnya juga monggo


okey sebelum lanjut ketutorialnya pertama kita siapkan alat tempurnya terlebih dahulu:

1. kopi atau teh hangat
2. siapkan text editor yang biasa teman teman gunakan, disini saya menggunakan sublime
3. siapkan juga xampp, kalo bisa versi terbaru
4. siapkan browser andalan teman teman, disini saya menggunakan google chrome
5. siapkan postman yang berfungsi untuk alat test APInya
6. sekarang donwload library yang saya gunakan untuk mempermudah membuat rest api silahkan donwload dari link: klik disini
7. download codeigniternya dulu

jika bahan di atas udah semua sekarang kita ke tutorial:

1. start terlebih dahulu xamppnya
kalo xamp yang saya gunakan ialah versi terbaru

2. jika sudah nyalah xamppnya sekarang, download codeigniternya , jika sudah silahkan anda ekstrak masukan kedalam htdocs dan rename namanya menjadi rest_server
jika sudah download mohon jangan di hapus biar ga download lagi kalo pengen di pake

ekstrak seperti anda mengekstrak apk atau lainya

rename namanya dengan nama rest_server

3.  Lalu buka text editornya, open folder xampp, lalu pilih htdocs dan cari nama foldernya rest_server       kemudian klik open atau enter aja langsung 


4.  Sebelum lanjut ngoding jangan lupa buat databasenya dulu gan dengan nama akademik, lalu masukan query yang saya berikan di bawah ini:

5.  Jika sudah di buat database dan tablenya dengan query di atas sekarang waktunya untuk atur              databasenya, buka aplication lalu buka lagi folder config, jika sudah kita pilih database.php

6. jika sudah masukan code seperti di bawah ini 

7. Jika sudah kita ke bagian config.php di bagian line 26(jika masih default codeigniter bawaanya ya) masukan kode seperti di bawah ini:



8.  Jika sudah kita ekstrak library yang sudah kita download, bagi yang belum download silahkan download dari link yang saya sediakan di atas:

9.  Jika sudah silahkan di ekstrak sekarang buka folder librarynya lalu kita copy folder application lalu kita masukan ke dalam folder rest_server yang ada di htdocs atau project yang sedang kita buat

cari tulisan application

pilih aja replace kalo ada tulisan seperti itu

10.  Jika sudah sampai tahap ini berarti anda berhasil dan mari simak cara buat codingan apinya:

11. sekarang buat Controller Mahasiswa.php di dalam folder Controller seperti gambar di bawah ini beserta codinganya:




12. Install terlebih dahulu  postman jika sudah buka postman lalu samakan dengan gambar di bawah ini:
berfungsi untuk menampilkan data yang sudah di buat dengan query database di no 4

13. sekarang kita gunakan perintah inputnya dengan mengubah tulisan get dengan post lalu buka menu body lalu masukan sesuai dengan contoh(gambar) di bawah ini:


14. untuk updatenya kita pilih put, untuk lengkapnya liat gambar di bawah:

15. jika sudah sekarang kita coba deletenya, contoh sesuai gambar di bawah:
karna di no.14 saya salah gunakan ss tp hasilnya bisa seperti ini
dan
sekarang saya ingin hapus data jojon

lihat gambar ini untuk hapusnya

jika sudah di hapus maka datanya akan seperti ini lagi


Terimakasih sudah membaca sekian dari saya admin xyngcode.blogspot.co.id








No comments:

Agar Cepat Di respon Oleh saya bisa langsung add line saya faiz.adie

atau bisa juga hub lewat email: faiz.adie30@gmail.com

Powered by Blogger.