Apa itu Use Case Diagram dan Pembahasannya

Assalamualaikum, hallo kali ini saya akan membahas sedikit apa itu Use Case Diagram beserta contoh

Apa itu Use Case Diagram, yuk simak di bawah ini:

Use Case Diagram adalah gambaran graphical dari beberapa atau semua actor, use case, dan interaksi diantaranya yang memperkenalkan suatu sistem. Use case diagram tidak menjelaskan secara detil tentang penggunaan use case, tetapi hanya memberi gambaran singkat hubungan antara usecase, aktor, dan sistem.Didalam use case ini akan diketahui fungsi - fungsi apa saja yang berada pada sistem yang dibuat.

di dalam use case diagram terdapat element- elementnya sekarang akan saya bahas sedikit element-elementnya, simak di bawah ini:

1. Actor : Mempresentasikan seseorang atau sesuatu(seperti perangkat,sistem lain) yang berinteraksi dengan sistem.Actor hanya berinteraksi dengan use case tetapi tidak memiliki kontrol atas use case.


2. Use Case : Adalah gambaran fungsionalitas dari suatu sistem, sehingga customer atau pengguna sistem paham dan mengerti mengenai kegunaan sistem yang akan dibangun.




3. Include Yaitu kelakuan yang harus terpenuhi agar sebuah event dapat terjadi, dimana pada kondisi ini sebuah use case adalah bagian dari use case lainnya.


Relasi yang terdapat di dalam Use Case Diagram:

Ada beberapa relasi yang terdapat pada use case diagram: 1. Association, menghubungkan link antar element. 2. Generalization, disebut juga inheritance (pewarisan), sebuah elemen dapat  merupakan spesialisasi dari elemen lainnya. 3. Dependency, sebuah element bergantung dalam beberapa cara ke element lainnya. 4. Aggregation, bentuk assosiation  dimana sebuah elemen berisi elemen lainnya.




Notice: Untuk membuat diagram Use Case kita dapat menggunakan website editor umlet

No comments:

Agar Cepat Di respon Oleh saya bisa langsung add line saya faiz.adie

atau bisa juga hub lewat email: faiz.adie30@gmail.com

Powered by Blogger.